SELAMAT DATANG DI : RUDY-DM.BLOGSPOT.COM

CARA MENGHUBUNGKAN 2 KOMPUTER

Anda punya 2 buah komputer tapi printernya hanya 1. Kebetulan 2 buah komputer tersebut sering digunakan bersama-sama dan juga sama-sama menggunakan printer. Padahal, printernya hanya satu. Yah.. agar kedua komputer tadi bisa sama-sama mencetak tanpa memindah printer dari satu komputer ke komputer lainnya, kita buat saja jaringan mini. Sebenarnya bisa juga sih pakai printer hub, tapi itu  kan hanya bisa sharing printer saja. Dengan kita buat jaringan, tidak saja sekedar sharing printer melainkan bisa sharing file/folder, aplikasi, internet, dan sharing-sharing lainnya. Satu lagi, lebih hemat...!! Karena kita hanya membutuhkan kabel dan konektor (jack) di kedua ujungnya. Kabel yang kita gunakan adalah kabel UTP, konektornya pakai RJ-45. Kabelnya per meter kurang lebih 4 ribu rupiah, konektor RJ-45 seribuan lah. Mudah didapat, datang saja ke toko komputer langganan anda. Kalau tidak mau repot, minta dipasangkan sekalian konektornya ke kedua ujung kabel, Straight bisa Cross juga bisa (tentang pengkabelan akan dibahas pada posting tersendiri).

 Konektor RJ-45
Kabel UTP

Nah, bila kabel sudah didapat berikut langkah-langkahnya :
  • Tancapkan konektor ke LAN port pada kedua komputer. LAN port letaknya di bagian belakang komputer.
  • Setting IP Address (alamat IP) di kedua komputer sebagai berikut :
  • Klik kanan ikon Network Connection pada system tray (bagian bawah sebelah kanan pada desktop Windows) lalu klik Open Network Connections, atau bisa juga lewat Control Panel, klik Start, klik Control Panel, klik Network and Internet Connections, lalu klik Network Connections.
  • Kemudian akan muncul jendela Network Connections, klik kanan pada ikon Local Area Connection, klik Properties.
  • Akan muncul jendela baru, Local Area Connection Properties. Pilih pada Internet Protocol (TCP/IP) lalu klik pada tombol Properties.
  • Akan muncul jendela baru lagi yaitu Internet Protocol (TCP/IP) Properties. Klik Use the following IP Addres, kemudian isi angka-angkanya sbb:
          - IP Address :  192.168.1.1
          - Subnet mask : 255.255.255.0 (otomatis)
  • Lakukan langkah yang sama pada komputer yang satunya, tetapi untuk angka yang paling belakang pada IP Address tidak boleh sama. Misalnya : 192.168.1.2
Untuk meyakinkan sudah tersambung atau belum kedua komputer tersebut, coba jalankan perintah PING pada salah satu komputer, misalnya pada komputer yang alamat IPnya 192.168.1.1 caranya klik Start, klik Run, ketik: Ping 192.168.1.2  jika tampil tulisan Request Time Out berarti belum tersambung, coba cek lagi apakah koneksi kabel sudah terpasang dengan baik. Jika munculnya tulisan Reply from.... maka sudah tersambung. Kedua komputer siap untuk sharing, sharing, dan sharing lagi. Oh iya kalau ingin berbagi printer maka harus setup dulu (caranya lihat pada posting lain pada blog ini).

Selamat mencoba....
Rudy DM