SELAMAT DATANG DI : RUDY-DM.BLOGSPOT.COM

CARA INSTALL WINDOWS PADA NETBOOK

Adalah kemajuan teknologi yang kini semakin memanjakan konsumen dengan fitur-fitur yang serba smart, terutama di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sebuah PC yang tadinya hanya bisa dioperasikan di suatu tempat saja, kini bisa digunakan secara mobile dengan munculnya notebook. Inovasi demi inovasi muncul lagi PC yang ukurannya lebih kecil dan lebih ringan yang sering disebut dengan netbook. Bahkan sekarang telah lahir produk yang ukurannya jauh lebih kecil dan lebih ringan, yaitu tablet.
Sayangnya pada PC Netbook ini jarang dijumpai produk yang dilengkapi dengan Optical Drive (CD/DVD), sehingga agak merepotkan jika mendapat software atau dokumen dalam bentuk CD/DVD. Solusinya harus cari PC yang ada CD/DVD drivenya terlebih dulu kemudian kita copy ke USB Flash Drive, baru setelah itu bisa kita gunakan di netbook. Apalagi kalau kita beli netbook baru yang tanpa OS (Operating System), berarti kita harus install sendiri OS tersebut. Atau bahkan karena alasan tertentu kita harus melakukan install ulang OS pada netbook tersebut.
Ada beberapa cara untuk melakukan install OS pada netbook, diantaranya dengan menggunakan CD/DVD Drive Eksternal (USB), Harddisk Eksternal, USB Flash Drive, atau lewat Network. Cara yang paling mudah adalah menggunakan CD/DVD Eksternal. Saat ini harga CD/DVD Eksternal memang relatif masih mahal. Untuk menyiasatinya kita bisa melepas CD/DVD drive komputer desktop milik kita. Kemudian kita beli alat yang namanya USB To SATA/IDE Adapter (harga saat ini sekitar 80 ribu-an). Hubungkan konektor SATA/IDE ke port CD/DVD drive lalu hubungkan ke netbook melalui USB port. Jangan lupa ubah setup BIOS ke CD USB sebagai awal boot up komputer.
USB to SATA/IDE Adapter juga bisa dihubungkan ke harddisk sehingga menjadi sebuah harddisk eksternal, baik yang berukuran 3,5" maupun 2,5", tipe port IDE maupun SATA.

USB to SATA/IDE Adapter