SELAMAT DATANG DI : RUDY-DM.BLOGSPOT.COM

CARA RESET PRINTER CANON

Pekerjaan menumpuk, bos sudah menunggu laporannya, eh.. tiba-tiba printer ngadat. Begitu klik icon Print, bukannya suara head printer yang mendesing, melainkan hanya dua lampu indikator POWER dan RESUME yang tak henti-hentinya berkedip, printer hanya terdiam, membisu seribu bahasa. Gimana nih..! Bos pasti marah-marah.
Tanda-tanda seperti di atas menunjukkan bahwa printer harus di-Reset. Sebenarnya bisa diatasi sendiri dengan software reset printer atau membawanya ke tukang service komputer/printer. Akan tetapi jika keadaannya darurat, harus segera mencetak dokumen yang telah selesai diedit, jelas itu bukan solusi yang tepat karena akan memakan waktu yang relatif lebih lama. Nah, kita bisa menyiasati dengan melakukan reset sementara. Caranya :
  • Terlebih dulu matikan printer dan lepas kabel powernya.
  • Persiapan : tangan kiri memegang jack kabel power, dua jari tangan kanan siap-siap di atas tombol POWER dan RESUME.
  • Tekan dan tahan tombol POWER (jangan dilepas dulu), lalu tancapkan jack kabel power, kemudian secepat mungkin tekan tombol RESUME dua kali, baru lepas tombol POWERnya.
  • Jika lampu indikator kedua tombol tadi sudah tidak berkedip, artinya sukses...! (yang menyala hanya lampu indikator POWERnya saja). Tetapi jika keduanya masih berkedip berarti gagal, coba ulangi langkah-langkah di atas sampai berhasil.
  • Penting : Cara setting di atas biasanya akan dianggap oleh system sebagai device printer yang baru, oleh karena itu jangan lupa untuk mengubah default printer yang baru saja kita reset tadi. Caranya : klik Start, klik Printers and Faxes, klik kanan pada icon Canon xxxx series (Copy 1) lalu klik Set as default printer.
  • Selesai.
  • Selamat mencoba.
Catatan :
Jika printer dimatikan maka harus di-reset lagi. Untuk itu jika belum selesai mencetak, sebaiknya printer jangan dimatikan terlebih dahulu.

Tips n Trik :
Bagaimana menghindari agar tidak terjadi reset printer? Jangan pernah melepas cartridge. Lalu bagaimana kita mengisi tinta? Ada beberapa cara :
  1. Cara 1 : Pasang tabung infus tinta saat kita membeli printer baru. Waktu tinta habis kita tinggal mengisi pada tabung infusnya tanpa melepas cartridge.
  2.  Cara 2 : Nyalakan printer, buka covernya, suntikkan langsung ke cartridge tanpa melepasnya. Tapi cara ini harus dilakukan dengan ekstra hati-hati, jangan sampai tinta tumpah atau menetes sehingga membasahi bagian konektor cartridge.
  3. Cara 3 : Nyalakan printer, buka covernya, cabut jack kabel power, lalu lepas cartridge. Suntikkan tinta ke cartridge. Pasang kembali cartridge ke tempatnya, tutup cover printernya, kemudian tancapkan kembali jack kabel powernya.

    Semoga bermanfaat...
    www.rudy-dm.blogspot.com